Saturday, August 29, 2009

Sistem Distribusi Tidak Langsung Acer Inc.

Sistem Distribusi Tidak Langsung Acer Inc.

Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah Manajemen Pemasaran Global Dosen : Vanessa Gaffar, SE.AK, MBA.

Disusun Oleh :
Kelompok 12
FANNY VIA D (0704524)
GILANG PUSPITA (0700743)
INTAN FITRIA R (0708549)
IRMA ROSITA (0707683)
JANTAN SUPIYANTO(0707627)
SALMAN VARISI (0704349)








PROGRAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS PENDIDIKAN EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA
2009


BAB I
PENDAHULUAN


LATAR BELAKANG

Acer Incorporated adalah Pembuat Peralatan Asli (OEM) terkemuka dari notebook, tablet, handheld, and desktop computers from Taiwan. Acer telah menerapkan model bisnis saluran baru, beralih dari produsen untuk menjadi merek murni perusahaan yang memasarkan dan mendistribusikan produk-produknya, sementara meninggalkan proses produksi aktual di tangan kontrak produsen. Saluran Acer model bisnis yang luas terdiri dari penjualan bersih service jasa, dalam kontras dengan pendekatan penjualan langsung dari pemimpin pasar Dell.

Untuk memahami peran produsen dalam rantai pasokan global, mengidentifikasi isu-isu yang perlu dan mengembangkan strategi-strategi untuk mengatasi masalah-masalah yang diidentifikasi dalam rantai pasokan secara umum. Untuk memahami organisasi dari rantai pasokan dari dua perusahaan merek tertentu di ICT sektor hardware

Menurut Acer, perusahaan sekarang sumber dari kira-kira seratus sistem pemasok dan pemasok komponen utama di negara-negara Asia. Dalam pemasaranya Acer menerapkan sistem distribusi tidak langsung yang menggaet partner yang mau bekerjasama dalam memesarkan produknya.

IDENTIFIKASI MASALAH

Adapun identifikasi masalah yaitu meliputi :
1. Definisi distribusi
2. Vertikal marketing sistem
3. Horizontal marketing sistem
4. Manfaat diatribusi
5. Sistem distribusi tidak langsung
6. Manfaat distribusi
7. Strategi distribusi Acer

TUJUAN

Tujuan penulisan makalah ini adalah :
1. Mengetahui konsep saluran distribusi
2. Dapat mengtahui jenis – jenis distribusi
3. Memahami konsep distribusi tidak langsung khususnya
4. Mengetahui strategi distribusi acer dalam rangka meningkatkan kemampuan analisis

BAB II

PEMBAHASAN

DEFINISI

Distribusi (tempat) adalah salah satu dari empat unsur bauran pemasaran. Organisasi atau seperangkat organisasi (perantara) yang terlibat dalam proses pembuatan sebuah produk atau jasa tersedia bagi penggunaan atau konsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. Tiga bagian yang lain dari bauran pemasaran adalah produk, harga, dan promosi.

Saluran Distribusi merupakan jaringan organisasi rantai nilai yang berfungsi sebagai penghubung antara barang dan jasa dengan pengguna akhir. Proses ini dikenal sebagai rantai distribusi atau saluran. Setiap elemen dalam rantai ini akan memiliki kebutuhan khusus mereka sendiri, dimana produsen harus memperhitungkan, apa yang penting untuk pengguna akhir. Dalam distribusi kita kenal ada :

Vertical Marketing System

Rantai organisasi yang bersatu secara vertikal yang menambah nilai kepada barang atau jasa mulai dari bahan mentah sampai menjadi barang jadi untuk konsumen akhir maupun konsumen bisnis. Fokus dari rantai nilai meliputi proses, aktivitas, struktur dan organisasi.
  1. Pengelolaan saluran distribusi oleh suatu organisasi tertentu yang terdiri dari produsen, wholesaler (s), retailler (r) sebagai satu kesatuan.
  2. Channel captain, memiliki atau membeli franchise dari pihak lainnya sehingga memiliki power yang lebih kuat.
  3. Terbentuk kareena keinginan yang kuat dari anggota saluran dalam mengendalikan perilaku saluran dan menghilangkan konflik apabila mereka bekerja sebagai pihak independen yang mencari keuntungan.
Saluran Konvensional
  1. Kelompok organisasi independen yang terhubungkan secara vertikal, dimana masing – masing pihak berdiri sendiri dan mengejar keuntungannya sendiri, dengan perhatian yang minim terhadap kinerja total dari channel tersebut.
  2. Hubungan antara partisipan dalam saluran konvensional cenderung lebih informal dimana para anggotanya tidak terkoordinasi secara dekat.
  3. Fokus terletak pada buyer – seller transaction.

Bentuk-bentuk VMS
Ownership VMS
  1. Menggabungkan tahapan produksi dan distribusi dibawah satu kepemilikan.
  2. Tidak mudah untuk dirubah. Alternatifnya adalah relationship VMS (HMS).
  3. Giant Food Stores mengoperasikan ice making facility, soft drink bottling, pabrik es krim, bakery yang mensuplai kepada giant stores.
Administered VMS
  1. Menggabungkan tahapan produksi dan distribusi melalui ukuran dan power dari salah satu anggota.
  2. Produsen dari brand yang dominan mampu untuk menjalin kerjasama dan dukungan perdagangan yang kuat dari para reseller dalam hubungannya dengan displays, shelf space, promotions, kebijakan harga.
  3. Kodak, Gillette, P&G, Campbell Soup.

Contactual VMS

Terdiri dari pihak independen dari berbagai level yang berbeda dalam produksi dan distribusi yang terintegrasi dalam sebuah program yang berbasis kontrak untuk mendapatkan economies of scale dibandingkan bila mereka bekerja sendiri – sendiri.

a. Wholesaler-sponsored voluntary chains
Wholesaler mengelola retailer independen untuk membantu mereka bersaing dengan large chain organization.
b. Retailer cooperatives
Inisiatif retailers untuk mengelola suatu usaha baru dan membentuk kerja sama diantara retailer yang berfungsi sebagai wholesaler dan merencanakan advertising secara bersama-sama.
c. Franchise organizations
Pengembangan retailing yang paling cepat berkembang.

Horizontal Marketing Sistem
  1. Hubungan ini melibatkan kolaborasi dan sharing informasi yang apik antara pihak yang berkaitan.
  2. Salah satu pihak tidak memiliki kendari atas pihak lainnya.
  3. Hubungan antara radio Shack, Compaq, dan Sprint.

Tahapan dalam memilih strategi saluran























Manfaat Distribusi

1. Dibutuhkannya profit margin untuk distribusi organisasi.
2. Kesempatan dalam meraih kompetitie advantage.
3. Lingkungan pasar yang berubah cepat.
4. Tahapan awal dari produk life cycle.
5. Produk yangg kompleks.
6. Proses pembelian ekstensif.
7. Dukungan layanan yang dibutuhkan.
8. Pembeli dalam jumlah kecil yang terkonsentrasi secara geografis.
9. Pembelian dalam jumlah besar dan jarang.
10. Lini produk yang lengkap.

Sistem Distribusi Tidak Langsung
Dalam VMS kita mengenal dua saluran distribusi, yaitu :
1. Distribusi Langsung
2. Distribusi Tidak Langsung

Dengan sistem distribusi tidak langsung pemasar mencapai pengguna akhir yang dimaksud dengan bantuan orang lain. Reseller ini biasanya berlangsung kepemilikan produk, meskipun dalam beberapa kasus, mereka dapat menjual produk pada dasar konsinyasi (yaitu, hanya membayar perusahaan pemasok jika produk yang dijual). Di bawah sistem ini perantara mungkin diharapkan untuk menganggap banyak tanggung jawab untuk membantu menjual produk.

Metode tidak langsung meliputi:
  1. Partai tunggal Sistem Penjualan - Di bawah sistem ini pemasar melibatkan pihak lain yang kemudian menjual dan mendistribusikan langsung ke konsumen akhir. Hal ini kemungkinan besar terjadi ketika produk dijual melalui toko besar berbasis rantai ritel atau melalui pengecer online, dalam hal ini sering disebut sebagai sistem penjualan perdagangan.
  2. Jual Partai ganda System - sistem distribusi langsung ini memiliki produk melewati dua atau lebih distributor sebelum mencapai konsumen akhir. Skenario yang paling mungkin adalah ketika sebuah grosir pembelian dari produsen dan menjual produk ke pengecer.
Sejumlah alternatif saluran distribusi :
1. Distributor, yang menjual ke pengecer
2. Retailer (agen atau reseller), yang menjual kepada konsumen akhir
3. Advertisement biasanya digunakan untuk barang-barang konsumsi

Saluran distribusi mungkin tidak terbatas pada produk fisik sendirian. Mereka mungkin sama pentingnya bagi layanan bergerak dari produsen ke konsumen di sektor-sektor tertentu, karena baik langsung maupun tidak langsung saluran dapat digunakan. Hotel, misalnya dapat menjual layanan mereka (kamar) secara langsung atau melalui agen perjalanan, tour operator, penerbangan, sentralisasi sistem reservasi, dll.

Terdapat juga beberapa inovasi dalam distribusi layanan. Sebagai contoh, telah terjadi peningkatan franchise dan layanan. Ada juga beberapa layanan integrasi, dengan menghubungkan layanan bersama, khususnya di perjalanan dan sektor pariwisata. Sebagai contoh, link sekarang ada di antara perusahaan penerbangan, hotel dan jasa rental mobil. Di samping itu, telah terjadi peningkatan yang signifikan dalam outlet ritel untuk sektor jasa. Outlet seperti lembaga estat dan bangunan kantor-kantor masyarakat pedagang tradisional dari pusat perbelanjaan utama.

Indirect channel in costumer products














Indirect channel in organizational products















Saluran Anggota

Saluran distribusi dengan demikian dapat memiliki beberapa tingkatan. Kotler mendefinisikan tingkat yang paling sederhana, yaitu kontak langsung tanpa perantara yang terlibat, sebagai 'nol-tingkat' saluran.

Tingkat berikutnya, yang 'satu tingkat' saluran, fitur hanya satu perantara; di pengecer barang-barang konsumsi, untuk barang-barang industri distributor. Dalam pasar yang kecil itu praktis untuk mencapai seluruh pasar dengan menggunakan hanya satu-dan saluran tingkat nol. Dalam pasar yang besar tingkat kedua, yang grosir misalnya, sekarang terutama digunakan untuk memperluas distribusi ke sejumlah besar kecil, lingkungan pengecer atau dealer. Di Jepang rantai distribusi sering kali kompleks dan tingkat lanjut digunakan, bahkan untuk yang paling sederhana. Seperti Operator Telecom di Bangladesh menggunakan berbagai Chains of Distribusi, khususnya tingkat kedua .

Di industri IT dan Telecommunication bahwa vendor TI manufaktur produk bekerja secara langsung dengan para dealer. Sebuah vendor bekerja secara langsung dengan distributor yang menjual ke dealer. Tapi yang paling penting adalah distributor atau grosir.

STRATEGI DISTRIBUSI ACER
Acer telah memilih model bisnis distribusi tidak langsung dan acer setia pada model ini.Acer memiliki tujuan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dan membutuhkan partners dalam memenuhi tujuan ini dan bekerja pada visi yang sama.

Program Mitra manfaat Acer :
1. Penjualan & marketing support dari tim kami yang berdedikasi
2. Akses ke on-line kami Mitra Resource Centre dan dukungan baris
3. Lead generasi & memimpin pengalamatan
4. Khusus menawarkan & rabat


Pilih Program Terbaik bagi kebutuhan Bisnis Anda :
Kami telah menjalankan sejumlah skema akreditasi yang berbeda untuk memastikan bahwa Anda adalah bagian dari sebuah program yang cocok untuk kebutuhan bisnis Anda sendiri.
1. Acer Point
Acer Point sertifikasi akan bekerja pada dua tingkatan yang berbeda dengan 4 sub-kategori yang berbeda. Pada tingkat pertama, kita dapat menemukan:
  1. Acer Point - mitra yang memiliki jalan depan toko atau produk tampilan. Mereka terfokus pada pengguna akhir, SoHosand, dalam beberapa kasus, prosumers.
  2. Acer Point Mobilitas Center - mitra yang bekerja terutama dalam sektor ponsel.
Pada tingkat kedua:
  1. Acer Point eCenter - mitra yang pendekatan awal ke pasar terjadi melalui web. Besar mencakup basis pengguna dan SoHos klien swasta.
  2. Acer Point Experience Center - mitra dengan toko "berpakaian" dengan merek Acer.
Program Point acer akan memperpanjang keuntungan memimpin kita generasi kepada semua mitra yang akan memberikan mereka untuk hadir dalam brosur ditempatkan di paling depan majalah dan surat kabar. Kami juga menawarkan khusus demo diskon untuk menampilkan produk-produk kami di toko-toko dan khusus reseller promosi pada produk produk panas.

2. Acer Affinity Silver
Acer Affinity Perak adalah mitra pertama status reseller hanya mulai kerjasama dengan Acer. Afinitas Silver mitra mengambil keuntungan generasi memimpin kami dan menikmati kontak langsung dengan Acer melalui portal, Acer Connect, yang disediakan bagi masyarakat untuk dealer juga sebagai kelompok TeleSales yang berdedikasi untuk mendapatkan konstan kontak dengan Acer.

3. Acer Affinity Gold
Acer Affinity Emas adalah saluran SMB SoHo dan berorientasi program. Kami Tim khusus akan berada di pasangan pembuangan dan akan memastikan bahwa mereka akan menerima semua informasi yang diperlukan untuk menjawab pelanggan mereka. Program ini akan memberikan pelatihan bagi konsisten sampai tanggal dan kemungkinan untuk menerima pilih status dan bahkan lebih banyak manfaat ketika para patner mencapai target tertentu.

4. Acer Affinity Platinum
Acer Affinity Platinum dipersembahkan untuk mitra yang bertindak sebagai teknologi pemasok dalam usaha kecil dan menengah sektor. Acer Affinity Mitra platinum umumnya memegang posisi-posisi strategis dalam kepadatan tinggi daerah bisnis dan seringkali mampu menawarkan cakupan penjualan dan layanan tingkat nasional.

Untuk menyediakan layanan dan solusi yang efektif untuk sebuah perusahaan menengah, mitra ini perlu bergantung pada sinergi yang efektif dengan vendor. Acer siap untuk mendukung mitra Platinum Affinity skala besar.

Supply chain, outsourcing and sales
Dalam lima tahun terakhir, Acer telah mengubah dirinya dari sebuah pabrik menjadi perusahaan yang berfokus pada pemasaran global merek ternama, PC-produk dan layanan terkait. Acer manajemen mempertimbangkan sektor manufaktur menjadi nilai kecil. Pendiri perusahaan, Stan Shih telah menunjukkan bahwa dalam ekonomi baru, manufaktur harus menemukan cara untuk menyediakan pelanggan dengan Original Design Manufacturing (ODM) dan jasa logistik global sehingga untuk meningkatkan nilai tambah. The "New Channel Business Model" tidak hanya penting untuk keberhasilan Acer hari ini tetapi juga akan, menurut Acer perusahaan yayasan di arena global di masa depan. Acer akan berusaha keras untuk memperluas Channel Baru Model Bisnis dan bekerja sama dengan distributor dan reseller global untuk bersaing head-to-head dengan model langsung pemimpin Dell.

Dalam prakteknya, pelaksanaan model bisnis ini berarti bahwa Acer bergeser dari seorang produsen untuk merek murni perusahaan yang memasarkan dan mendistribusikan produk produknya, sementara meninggalkan proses produksi aktual di tangan kontrak produsen. Acer model bisnis saluran terdiri dari berbagai layanan penjualan bersih, kontras dengan pendekatan penjualan langsung dari pemimpin pasar Dell. Acer perwakilan penjualan dan reseller dianggap "kunci jangka panjang mitra bisnis"

Analis dan pialang saham berpendapat bahwa model bisnis saluran ini tidak harus lebih kompetitif dibandingkan langsung menggunakan model bisnis Dell. Strategi Acer manajemen rantai pasokan dapat mungkin paling baik dicirikan sebagai strategi "vertikal disintegrasi”. Pada masa lalu, Acer menjual saham mayoritas di kedua Wistron dan BenQ. Ini perusahaan penyedia utama layanan manufaktur dalam rantai pasokan Acer. Oleh menjual saham mayoritas di perusahaan tersebut, Acer dengan jelas menunjukkan bahwa ia berniat untuk "hancur" pasokan rantai dan fokus pada branding dan pemasaran.

Strategi disintegrasi vertikal cukup terlihat dalam struktur perusahaan Acer. Saham di Manufaktur Elektronik Services (EMS) perusahaan, di sisi lain, sedang menjual secara bertahap, meskipun di sebagian besar perusahaan-perusahaan ini masih kuat Acer cukup untuk mempengaruhi pengambilan keputusan.

Disintegrasi vertikal Acer rantai pasokan menjadi lebih jelas ketika menganalisis rantai pasokan produk Acer tertentu. Komponen yang bersumber dari berbagai komponen produsen, sementara perakitan dilakukan oleh sekelompok kecil produsen kontrak yang dipilih. Di beberapa kasus, Acer cukup memegang saham di produsen kontrak ini, meskipun hampir pernah memiliki perusahaan-perusahaan tersebut. Produsen kontrak yang dipilih diperbolehkan untuk memproduksi akhir produk untuk Acer. Tidak peduli apakah komputer desktop atau notebook yang dirakit di Cina, Filipina atau di Belanda. Pada akhirnya, semua produk Acer dijual sebagai "buatan Taiwan".

Secara keseluruhan, Acer rantai suplai dan strategi penjualan dapat dicirikan sebagai tidak langsung dan sangat ramping. Menjual adalah hanya dilakukan melalui distribusi dan bahkan pengecer besar didekati melalui bisnis saluran, sehingga secara tidak langsung. Pengambilan keputusan dalam perusahaan dapat menjadi sangat cepat karena ada beberapa tingkat hierarkis.

Menurut analis dari Deutsche Bank, Acer gabungan rantai pasokan margin (merek Acer, Wistron-ODM dan Ingram Migram-distributor) dari 3,5 persen vs 8,8 persen lebih rendah untuk Asustek's rantai suplai (Asustek-OEM, Synnex-distributor), tetapi dekat dengan 3,8 persen untuk PC HP rantai suplai. (HP-merek, Quanta-ODM, Ingram Micro-distributor). Dell keseluruhan rantai pasokan (Dell merek + distributor, Quanta-ODM) menimbulkan 11,2 persen marjin operasi karena bisnis yang langsung model.

Dengan asumsi bahwa total rantai suplai marjin operasi umumnya mencerminkan biaya daya saing, Posisi lemah Acer dan Asustek versus Dell rantai pasokan dan posisi setara vs HP rantai suplai menunjukkan bahwa Acer akan berada dalam posisi yang kuat untuk bersaing dengan merek lain harga. Deutsche Bank yakin, bagaimanapun, bahwa tanpa keuntungan harga yang jelas, Acer bisa menghadapi kesulitan menangkap pangsa pasar di pasar non-Eropa.

BAB III
ANALISIS

ANALISIS
Keputusan saluran sangat penting. Secara teori paling tidak, ada bentuk trade-off: biaya menggunakan perantara untuk mencapai distribusi yang lebih luas dianggap lebih rendah. Memang, sebagian besar produsen barang-barang konsumen tidak pernah bisa membenarkan biaya menjual langsung ke konsumen mereka, kecuali dengan mail order. Banyak pemasok tampaknya berasumsi bahwa sekali produk mereka sudah dijual ke saluran, menjadi awal rantai distribusi, tugas mereka selesai. Namun hal rantai distribusi dengan asumsi hanyalah bagian dari tanggung jawab pemasok, dan jika mereka memiliki aspirasi untuk menjadi berorientasi pasar, pekerjaan mereka harus benar-benar dapat diperluas untuk mengelola semua proses yang terlibat dalam rantai itu, sampai produk atau jasa tiba dengan pengguna akhir. Ini mungkin melibatkan sejumlah keputusan di pihak pemasok :
1. Keanggotaan
2. Channel motivasi
3. Pemantauan dan mengelola saluran

Selain pertimbangan pemasaran, desain saluran memiliki keuangan penting (seperti modal kerja) dan resiko dampak yang perlu dipertimbangkan sebagai bagian dari keputusan manajemen.
1. Saluran keanggotaan
  1. Intensif penyebaran di mana mayoritas saham reseller -produk (dengan kenyamanan produk, misalnya dan khususnya pemimpin merek di pasar barang konsumen) persaingan harga dapat jelas.
  2. Distribusi selektif ini adalah pola normal (baik konsumen dan pasar industri) di mana “matching” reseller stok produk.
  3. Exclusive penyebaran hanya dipilih khusus reseller atau dealer resmi (biasanya hanya satu per wilayah geografis) yang diperbolehkan untuk menjual produk.
2. Saluran motivasi

Cukup sulit untuk memotivasi karyawan langsung yang diperlukan untuk memberikan layanan penjualan dan dukungan. Memotivasi para pemilik dan karyawan dari organisasi independen dalam rantai distribusi membutuhkan upaya yang lebih besar. Ada banyak perangkat untuk mencapai motivasi tersebut. Mungkin yang paling biasa adalah ”insentif “ pemasok menawarkan margin yang lebih baik, untuk menggoda para pemilik dalam saluran untuk mendorong ketimbang produk pesaing atau kompetisi yang ditawarkan kepada para distributor personil penjualan, sehingga mereka tergoda untuk mendorong produk.

Dent mendefinisikan insentif ini sebagai Nilai Channel Proposisi atau kasus bisnis, dengan pemasok yang menjual anggota saluran pada jasa-jasa komersial melakukan bisnis bersama. Dia menggambarkan hal ini sebagai tidak model bisnis penjualan produk.

3. Pemantauan dan mengelola saluran
Dalam banyak cara yang sama bahwa organisasi itu sendiri kegiatan penjualan dan distribusi perlu dipantau dan dikelola, sehingga akan orang-orang dari rantai distribusi. Dalam praktiknya, banyak organisasi menggunakan campuran dari saluran yang berbeda pada khususnya, mereka mungkin melengkapi Salesforce langsung, meminta account yang lebih besar, dengan agen, yang meliputi pelanggan dan prospek yang lebih kecil.

BAB IV
PENUTUP

KESIMPULAN
Distribusi (tempat) adalah salah satu dari empat unsur bauran pemasaran. Organisasi atau seperangkat organisasi (perantara) yang terlibat dalam proses pembuatan sebuah produk atau jasa tersedia bagi penggunaan atau konsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis. Saluran Distribusi merupakan jaringan organisasi rantai nilai yang berfungsi sebagai penghubung antara barang dan jasa dengan pengguna akhir. Proses ini dikenal sebagai rantai distribusi atau saluran.

Saluran distribusi ada dua meliputi VMS (Ownership VMS, Administered VMS, Contactual VMS) dan HMS. Dalam VMS sifat distribusi ada yang langsung dan ada yang tidak langsung. Dengan sistem distribusi tidak langsung pemasar mencapai pengguna akhir yang dimaksud dengan bantuan orang lain. Saluran distribusi dengan demikian dapat memiliki beberapa tingkatan.

Acer menerapkan sistem saluran distribusi tidak langsung dengan melakukan kerjasama yang disebut mitra Acer dalam memasarkan produk Acer, model bisnis saluran ini tidak harus lebih kompetitif dibandingkan langsung menggunakan model bisnis Dell. Strategi Acer manajemen rantai pasokan dapat mungkin paling baik dicirikan sebagai strategi "vertikal disintegrasi”

DAFTAR PUSTAKA

• Richard E. Wilson, 'A Blueprint for Designing Marketing Channels', (www.chicagostrategy.com, 2008) Richard E. Wilson, 'A Blueprint for Designing Pemasaran Saluran', (www.chicagostrategy.com, 2008)
• Julian Dent , "Distribution Channels: Understanding and Managing Channels to Market" (Kogan Page, 2008) Julian Dent, "Saluran Distribusi: Memahami dan Mengelola Saluran ke Pasar" (Kogan Page, 2008)
• William D. Perreault, Jr. et al., 'Basic Marketing: A Marketing Strategy Planning Approach', (McGraw-Hill, 16th ed., 2008) William D. Perreault, Jr et al., 'Dasar Pemasaran: Sebuah Pendekatan Perencanaan Strategi Pemasaran', (McGraw-Hill, 16th ed., 2008)
• Louis W. Stern et al., 'Marketing Channels', (Prentice-Hall, 7th ed., 2006) Louis W. Stern et al., 'Pemasaran Saluran', (Prentice-Hall, 7th ed., 2006)
• P. Kotler, 'Marketing Management' (Prentice-Hall, 7th ed., 1991) P. Kotler, 'Manajemen Pemasaran' (Prentice-Hall, 7th ed., 1991)
• G. Lancaster and L. Massingham, 'Essentials of Marketing' (McGraw-Hill, 1988) G. Lancaster dan L. Massingham, 'Essentials of Marketing' (McGraw-Hill, 1988)

DOCUMENTS RELATED WITH THE CASE STUDY

• http://en.wikipedia.org/wiki/Acer_Inc
• http://74.125.153.132/translate_c?hl=id&sl=en&u=http://www.knowthis.com/principles-of-marketing-tutorials/distribution-decisions/distribution-systems-indirect/&prev=/search%3Fq%3Dacer%2Bindirect%2Bdistribution%26hl%3Did&rurl=translate.google.co.id&usg=ALkJrhg5OZbhRm5G4CqbGIpnGvIFJBi1mA
• http://www.acer-ee.com/acer/partner.do?LanguageISOCtxParam=en&ctx2.c2att1=6&CountryISOCtxParam=EE&ctx1.att21k=1&CRC=843770295
PP 1.pptx
PP 2.pptx
PP 3.pptx
bel_Acer_Incorporated_Company_Prof_2005_NL.pdf

POWERPOINT PRESENTATION
ACER PLACE STRATEGY.pptx

0 comments:


Free Blogger Templates by Isnaini Dot Com and Wedding Dresses. Powered by Blogger